Hallokarawang.com, Karawang – Kegiatan sidak yang dilakukan oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Jimmy Zammaksyahry kepada sejumlah perusahan di Kawasan industry di Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu, menuai protes keras dari kalangan pelaku usaha. Lantaran disinyalir syarat akan kepentingan pribadi seorang Wabup, hingga berujung konpensasi dari perusahaan kekantong pribadi Wabup.

Paslnya, tindakan Wakil Bupati yang kurang lazim tersebut dinilai sangat mengganggu produktifitas di Perusahaan. Ketua Kadin Kabupaten Karawang, Fadlludin Damanhuri mengatakan, pasca kegiatan sidak dirinya mengaku banyak pelaku usaha yang mengeluhkan prilaku Wakil bupati tersebut. Mereka menilai prilaku sidak Wabup kepada pelaku industri itu suatu kehendak yang terlalu dipaksakan.

“Alangkah baiknya jika calon tenaga kerja diberika vokasi melalui pelatihan sertipikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan melalui badan latihan kerja. Tapi apa yang terjadi pada saat sidak, terlihat ada pemaksaan. Dimana perusahaan wajib memasukan calon tenaga kerja yang belum tentu masuk dalam skema kebutuhan perusahaan, ini tentunya akan mengganggu produktifitas kerja perusahaan,” ungkapnya kepada Hallokarawang.com, belum lama ini.

Fadel mengaku selama kegiatan sidak itu, Kadin banyak mendapat aduan bahkan lontaran suara protes dari pelaku usaha industri terhadap perilaku Wabuo yang menyalahi fungsi itu dan mereka meminta agar Kadin bersedia untuk menjadi fasilitator, agar kegiatan sidak yang dilakukan oleh orang nomor dua di Karawang itu untuk segera dihentikan.

Fadel mengatakan, tanpa adanya sidak dari Wabup tersebut sebanyak 2100 perusahaan dari seluruh kawasan di Karawang. Sejatinya sudah siap dan bersedia menampung untuk menjalankan komitmen kerjasama pemagangan dalam rangka penyerapan tenaga kerja asli Karawang.

“Kadin berharap segala upaya dengan dunia usaha untuk meningkatkan daya tarik ekonomi di kabupaten karawang yang sudah di rintis dari dahulu dengan segala upaya tidak terdistorsi akibat politisasi yang akan merugikan masyarakat dan dunia usaha,” pungkasnya. (man/hlk)