Hallokarawang.com, Karawang – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menebarkan satu juta benih ikan di Situ Cipule Kecamatan Cipule Kabupaten Karawang. Didampingi Bupati Karawang Cellica Nurachadiana, Kadis Perikanan dan Kelautan Jabar Djafar Ismail dan unsur Muspida Kabupaten Karawang, Aher mengungkapkan, penanaman sejuta benih ikan bandeng, nilem, tawes, beureum panon dan udang ini, merupakan program ikan rakyat. Dimana masyarakat bisa menikmati ikan yang ditanam tersebut namun tidak dengan menggunakan jaring.

“Ini janji saya mau menanam sejuta benih ikan disini dan sudah saya penuhi sejuta lebih, silakan masyarakat menikmatinya, ini program ikan rakyat asal jangan pakai jaring, dipancing saja atau pakai kecrik,” kata Aher, Senin (31/10/2016).

Selain di Situ Cipule penanaman benih ikan serupa juga telah dilakukan di waduk Jatigede, Jatiluhur, Situ Cileunca dan perairan umum lainnya di Jawa Barat. Hal ini kata Aher, selain untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat yang berdampak pada meningkatnya gizi dari protein hewani juga untuk menciptakan budaya memancing masyarakat dan sebagai ajang rekreasi.

“Kita ingin ada budaya kalau hari libur itu mancing disini bersama keluarga atau teman, ini untuk rekreasi jelas tambahan gizi juga jelas,” ujarnya.

Dipilihnya lokasi Situ Cipule setelah dirinya menyaksikan pertandingan Cabor Dayung pada event PON 19 beberapa waktu lalu yang berlokasi di tempat tersebut.

“Saya tertarik menanam ikan disini ketika melihat situ ini dijadikan tempat Cabor Dayung di PON kemarin,” ucapnya.

“Sejuta sudah cukup nanti kita akan tanam lagi diperairan umum lainnya ” tambah Aher. (tim)