Hallokarawang.com, Karawang – Tampaknya belakangan ini sekitar jual-beli senjata beragam jenis sangat bebas. Betapa tidak, dari mulai pejabat di lingkungan Pemkab, anggota dewan, hingga begal sepeda motor, kini pegang senjata yang membahayakan tersebut.

Kepala Inspektorat Pemkab Karawang, H. Endang Somantri, membenarkan bahwa jual-beli senjata jenis apapun kini legal, menyusul sekitar kepemilikannya disertai surat-surat yang sah dari lembaga yang berkompeten. Dia tidak heran, jika ada pejabat yang bekerja di setiap OPD memiliki senjata dengan beragam jenis. ” Wong surat kepemilikan yang syahnya ada ya mau diapain,” kata H. Endang Somantri, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Bahkan Kepala Inspekrorat tersebut, tidak mempersoalkan sekitar kepemilikan senjata oleh siapapun, tetapi yang dia khawatirkan sekitar penggunannya. Kata dia, jika si pemegang senjata api, atau softgun salah menggunakannya, maka sebagai konsekuensi harus mempertanggungjawabkanya secara hukum.

Dia sangat yakin, para pemegang senjata api, atau softgun di kalangan PNS atau masyarakat biasa, oleh lembaga yang menjual atau yang melegalkanya terlebih dahulu dibekali skill sekitar cara menggunakan senjata tersebut. Kemudian kapan senjata itu bisa dipergunakan atau dipakai, dimungkinkan lembaga yang menjual senjata-pun menjelaskan sasarannya itu siapa.

Dakam hal ini, Endang Somantri menjelaskan, ketika dia menjadi komandan Sat. Pol. PP, setidaknya ada enam pucuk senjata yang merupakan inventasi kantor yang dipimpinnya. Namun karena tidak efektif sekitar penggunannnya, maka pistol yang merupakan jatah dinasnya tidak diambil. Alasannya, selain efeftivitas penggunannya tadi, juga khawatir pembahayakan terhadap diri, keluarga dan bahkan orang lain. (jay)