Hallokarawang.com, Karawang Utara – Para tokoh Masyarakat Karawang utara meminta pemerintah daerah harus aktif mengetahui potensial yang bisa dikembangkan untuk mendorong parawisata di daerah.

“Jika digarap serius ini akan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan PAD, lalu mensejahterakan masyarakat setempat, sehingga perlu proaktif,” kata salah seorang tokoh masayarakat Rengasdengklok Nana Suryana yang akarab di panggil Kang Nana.

Nana menyebut Rengasdengklok yang berbasis kota perjuangan itu potensial dengan parawisata yang tersebar merata sampai ke Batujaya, Pakis serta Cibuaya, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius untuk dikembangkan dan dikelola menjadi pariwisata yang di kenal di berbagai Daerah dan meningkatkan pendapatan warga.

“Misalnya dari data Kabupaten Karawang potensi untuk di kembangkan seperti Rumah Sejarah, Tugu Kebulatan Tekad, Tugu Proklamasi, Candi Jiwa. Sementara yang dari pemanfaatan yang telah ada seperti Pantai Tanjung Pakis, Samudra Baru dan Candi Jiwa belum maksimal,apalagi seperti Tugu Proklamasi,” ungkapnya.

Salah seorang dari pengunjung di pantai Samudra Baru, Heni mengatakan, tempat pariwisata, Pantai Samudara Baru Karawang ini masih cukup asli, tempat pemandian orang-orang di laut lepas. Namun pengelolaannya masih sedikit belum teratur.

Air lautnya begitu keruh, namun tetap saja ramai dikunjungi para penduduk setempat untuk mandi dan berenang dengan menggunakan ban sambil bermain-main pasir di pinggiran pantai.  Ada juga penduduk pendatang yang menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 dari daerah lain.  Di banding tempat-tempat pariwisata yang sudah terkenal dan mahal-mahal,  mungkin Pantai Samudra Baru ini masih dianggap murah dan terjangkau oleh masyarakat setempat.

Betapa besarnya sektor pariwisata memperoleh pemasukan atau penerimaan untuk  pemerintah daerah namun apabila di kembangkan lagi secara maksimal para petugas dan pelaksana lapangan dididik sehingga memberikan pelayanan yang memuaskan dan memang hal ini sangat potensi bagi pemerintahan setempat untuk selalu mengembangkan dunia wisata ini dan mempromosikannya ke masyarakat luas.

Sementara itu Kepala Pengelola Parawisata Pantai Samudra Baru, Tata, ketika hendak di temui sedang tidak ada di tempat. ” Sedang keluar kota Kang” kata salah seorang anak buahnya.( kus )