Hallokarawang, Karawang – Kegiatan yang mempersatukan budaya Jepang
dengan Indonesia serta memperkenalkan Budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia ini telah mulai digelar di Kawasan Galuh Mas acara ini bertajuk Karawang Japan Matsuri pada akhir pekan lalu Sabtu (10/10) dibuka oleh Plt Bupati dr. Cellica Nurrachadiana bertempat di Belroom Hotel Mercure Karawang.

Pembukaan ditandai dengan menabuh bedug oleh Plt Bupati Karawang. Acara ini digelar di dua titik pusat komersil Galuh Mas Karawang yakni Technomart dan Karawang Central Plaza. Satu titik pusat komersil
lain, Festive Walk, akan menggelar aneka kompetisi dan hiburan Jepang di
mulai akhir pekan lalu 10 Oktober 2015 hingga 31 Oktober 2015.

Pada opening acara ini dihadiri oleh Direktur Japan Matsuri dengan yang
lainnya, Kadin Jawa Barat, Direktur Management Aset PT Galuh Mas dengan
komisioner lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Karawang dr Cellica mengatakan atas nama Pemkab perlu untuk apresiasi kepada Event Organizer acara Karawang Japan Matsuri ini, dengan adanya kegiatan ini hubungan korelasi yang sinergis sudah terjalin dengan Jepang.

Diketahui bersama Jepang dan Indonesia hampir mirip budayanya yakni silih asah silih asih silih asuh, sangat kental istilah ini, mengenai investasi pengusaha Indonesia juga disambut dengan
tangan terbuka untuk menginvestasikan usahanya di Karawang ini asalkan
keseluruhannya perlu memiliki basis mensejahterakan kehidupan Mayarakat
Karawang, namun tidak akan terjadi alih fungsi lahan pertanian.

Dengan adanya kegiatan ini juga menjadi inspirasi kita untuk menciptakan hal hal yang positif lainnya antara Jepang dan Indonesia, pada intinya Pemkab mendukung apa yang menjadi kegiatan yang sifatnya tukar informasi budaya dan pada akhirnya menjadi hiburan bagi masyarakat.

Dilihat dari antusiasnya
saja tahun lalu mencapai 80 ribu pengunjung maka tahun ini target dari EO mencapai 100 ribu yakin bisa tercapai.

Dikatakan oleh ketua Panitia penyelenggara, Deti dalam sambutanya, Karawang Japan Matsuri (KJM) 2015 ini adalah hasil kerja sama Galuh Mas Karawang dengan Japan Foundation juga Pemerintah Kabupaten Karawang tentunya dengan Lembaga Persahabatan Indonesia Jepang Hamamatsu, dan Tensai sebagai event organizer.

Acara ini merupakan festival kebudayaan dan pendidikan Jepang
yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat
Karawang. Pada gelaran tahun ini target pengunjung 100 ribu orang karena pada tahun pertama digelar berhasil mendatangkan antusias masyarakat hingga 80 Ribu
pengunjung.

Para pengunjung cukup terhibur dengan beberapa acara yang disajikan seperti aneka booth bazaar yang menggelar aneka produk, photo booth,dan kuliner Jepang, pertunjukan dan kometisi Cosplay, Lomba pendidikan antara lain: Rodoku, Kanji, Manga,Fotografi, Mading, Kana, Shuuji, Mewarnai dan Karaoke.

Puncak acara yang paling meriah adalah Omikoshi, yakni arak-arakan budaya Jepang, serta penampilan musisi asal Jepang, Hiroaki Kato. Sementara itu kompetisi kebudayaan Jepang yang digelar di Festive Walk adalah Lomba Foto ala Jepang, lomba mewarnai anime Jepang,Japanese song singing contest,dan modeling contest Harajuku style.(sip)