Hallokarawang.com, Karawang – Kabupaten Karawang berhasil meraih penghargaan bertajuk Daerah berprestasi penerima Dana Insentif Daerah tahun 2016. Anugerah ini diberikan kepada daerah dengan pengelolaan keuangan yang sehat berdasarakan kategori Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden RI Ke 7 Joko Widodo didampingi Kemenkeu Sri Mulyani kepada Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana. Selain Karawang, terdapat 21 Provinsi dan 83 Kabupaten dan kota diseluruh Indonesia, dan ada empat daerah di Provinsi Jawa Barat yang medapatakan Penghargaan. Diantaranya Kabupaten Karawang, Cimahi, Majalengka dan Bekasi Kota.

Penghargaan diberikan kepada daerah yang memenuhi dua persyaratan utama. Yakni daerah yang memiliki opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait laporan keuangan pemerintah daerah. Serta daerah yang menetapkan peraturan daerah tentang anggaran belanja daerah dengan tepat waktu.

Agenda yang digelar oleh Kementrian Keuangan RI tersebut, diahdiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, Yakni Kemendagri Cahyo Kumolo dan Menko Perekonomian. Untuk itu, Bupati Karawang meminta agar jajarannya tetap mengoptimalkan pelayanan publik.

Berkomitmen bersama – sama masyarakat untuk tetap mempertahankan Kabupaten Karawang dengan keuangan yang lebih baik. Baginya anugerah tersebut merupakan simbol motivasi perang terhadap tindakan melawan KKN dikalangan birokrat.

Dengan didapatkannya penghargaan tersebut, dr Cellica Nurrachadiana sekaligus memberikan contoh yang sangat baik khususnya pada jajaran dan masyarakat Karawang. Lebih luas lagi menjadi contoh sekaligus motivasi pemimpin yang disiplin terhadap pengelolaan dalam sektor keuangan daerah bagi daerah – daerah lain di Jawa barat maupun luar Jawa. (man/hlk)