Hallokarawang.com, Karawang – SMK Mitra Karya Karawang ternyata tak sekadar komplet disoal pembelajaran dan keterampilan. Mulai Sabtu (12/12), satu diantara jenis ekskulnya yakni Tarung Derajat, menjadi pionir pelaksanaan ujian kenaikan tingkat melalui komputer.

Tak pelak lagi. Dari adanya program yang baru itu, tak kurang Ketua PB Tarung Derajat Drs. H. Achmad Darajat, pun dari markas besarnya di Bandung sengaja datang. Malah pencipta jenis olahraga yang identik dengan sebutan ‘keras’ itu sekaligus menjadi pembuka pelaksanaannya.

“Ini jenis ujian kenaikan tingkat yang baru. Dan Insya Allah nantinya akan diterapkan untuk keseluruhan Satlat (Satuan Latihan) Tarung Derajat diseluruh Indonesia, bahkan luar negeri,” ujar AA Boxer, seusai meresmikan ujian. Demikian, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Bersama Kepala SMK Mitra Karya, Drs. Dian Kadhar M, MM, AA Boxer pun kemudian berkeliling melihat pelaksanaan peserta ujian lain yang tidak menggunakan komputer. Ujian kenaikan tingkat yang memakai piranti komputer ini baru digelar untuk 60 peserta pilihan yang dari level terbawah, alias Kurata I ke Kurata II.

Sedangkan secara keseluruhan, pesertanya sebanyak 677 peserta yang semuanya dari SMK swasta di Jalan Raya Proklamasi No. 73 Desa Karyasari Kecamatan Rengasdengklok ini yang dari unsur siswa dan guru. Dari ujian teori melalui komputer ini, peserta diprogram melakukan pilihan jawaban sesuai soal yang di-’klik’, yang juga diawasi guru pengawas. Jika jawaban telah selesai, maka di layar komputer akan terpampang jumlah nilai yang diperoleh.

Misalnya karena jawaban banyak yang benar, nilainya 70 atau 80 dan seterusnya. Sebalikanya jika banyak yang salah, nilainya bisa di bawah angka 50. “Tapi umumnya peserta memiliki nilai di atas 70,” kata Enjang Jahrudin, Ketua pelaksana Ujian.

Sementara untuk peserta ujian kenaikan tingkat lain yang tidak memakai komputer terbagi di beberapa tingkatan. Yakni dari Kurata II ke Kurata III, dan Kurata III ke Kurata IV. Dan untuk ujian yang juga disaksikan tokoh Tarung Derajat Karawang Bah Obik, serta Ketua Pengcab Drs. H. A. Suroto, penguji diantaranya dari PB Tarung Derajat Rimba, juga dari Pengcab Karawang antara lain Ahmad Syukur, Indra dan Santo.

“Alhamdulillah, selain soal pembelajaran dan keterampilan lain, khusus di Tarung Derajat ini sekolah kami pun bisa,” bangga Wakasek SMK Mitra Karya Nina Helmina, MM tentang sekolahnya. SMK Mitra Karya sendiri saat ini dihuni 910 siswa dengan program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Administrasi Perkantoran (AP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan yang terakhir Teknik Sepeda Motor (TSM). (dwi)